Widget HTML Atas

6 Cara Agar Tubuh Kuat Menjalani Ibadah Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di nanti-nanti oleh seluruh masyarakat muslim di dunia, bulan ramadhan terdapat banyak amalan-amalan yang tidak ada pada bulan lainnya. Ramadhan adalah bulan kesembilan kalender islam dan di rayakan oleh umat islam di seluruh dunia dengan berpuasa selama 29-30 penuh dan dibulan ini juga memperingati wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Banyak sekali terdapat amalan yang tidak akan dijumpai di bulan lain kalender, pahalanya berlipat ganda jika kita menjalankannya. Berpuasa merupakan salah satu amalan yang diharuskan menahan lapar dan dahaga, tidak boleh minum dan makan selama waktu imsya' sampai magrib tiba.

Agar tubuh kita kuat menjalankan puasa tersebut, saya akan membagikan 6 Cara Agar Tubuh Kuat Menjalani Ibadah Puasa.

1. Makan Sedikit Tapi Sehat
Beberapa hari menjelang ramadhan, biasanya kita berpikir untuk makan apapun yang diinginkan. Asumsinya, mumpung belum ramadhan maka kita harus makan sepuas-puasnya. Perilaku seperti ini malah akan meningkatkan nafsu makan dan membuat puasa lebih sulit.

Seharusnya menjelang puasa kita harus mengurangi porsi makan agar tubuh terbiasa dengan makanan dan kalori yang lebih sedikit. Hindari makanan berat, garam, dan gula yang memicu reaksi yang tidak diinginkan dalam tubuh.

2. Berhenti Ngemil
Mulai H-3 sebelum ramadhan, biasakan hanya makan tiga kali(sarapan, makan siang, dan makan malam), Hindari ngemil diantara keduanya. Selama Ramadhan, kita hanya dapat menikmati dua kali makan utama(sahur dan buka), dengan begitu kita hanay perlu memotong satu makanan saja.

3. Mengurangi Asupan Kafein
Jika kalian pecinta kopi dan ingin menghindari dakit kepalan dalam beberapa hari pertama bulan ramadhan, makan kita harus mulai mengurangi asupan kafein. Perlu upaya sistematis untuk hal yang satu ini sehingga kita bisa minum kopi tanpa kafein.

4. Mengurangi Merokok
Para "ahli hisab" juga harus mulai mengurangi aktivitas merokok pada siang hari menjelang ramadhan ini. Sehingga mereka mulai terbiasa untuk tidak merokok, utamanya pada siang hari. Biasanya da beberapa hal buruk yang akan dialami para perokok manakala mereka tidak siap menghadapi bulan ramadhan . Diantaranya mudah marah, gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi selama jam-jam puasa

5. Tidur Teratur
Selama ramadhan gaya hidup kita pasti akan banyak berubah termasuk soal pola tidur. Jadi kita harus merencanakan pola tidur untuk ramadhan sesuai dengan jadwal aktivitas. Misalnya kita memilih untuk tidur lebih awal dari biasanya, ddan bangun untuk sahur. Kemudian menjalani aktivitas sehari-hari dan tidur sebentar pada siang hari. Apapun pola tidur yang kita pilih untuk diikuti, mulailah menirunya dari hari ini.

6. Periksa ke Dokter
  


Jika kita khawatir tidak sanggup puasa karena alasan kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau lainnya, maka kita harus segera periksa ke dokter. Kita bisa tanyakan keamanan kesehatan kita untuk boleh berpuasa atau tidak.

Itulah 6 Cara Agar Tubuh Kuat Menjalani Ibadah Puasa, semoga dengan membaca artikel tersebut kalian kuat menjalankan puasa full sampai akhir.





Tidak ada komentar untuk "6 Cara Agar Tubuh Kuat Menjalani Ibadah Puasa"

Berlangganan via Email